ABU SUFYAN telah kembali dari Uhud ke Mekah. Berita-berita
kemenangannya sudah lebih dulu sampai, yang disambut penduduk
dengan rasa gembira, karena dianggap sudah dapat menghapus
cemar yang dialami Quraisy selama di Badr. Begitu sampai ia ke
Mekah, langsung menuju Ka'bah sebelum ia pulang ke rumah.
Kepada Hubal dewa terbesar ia menyatakan puji dan syukur.
Dicukurnya lebih dulu rambut yang di bawah telinganya, lalu ia
pulang ke rumah sebagai orang yang sudah memenuhi janji bahwa
ia takkan mendekati isterinya sebelum dapat mengalahkan
Muhammad.
Sebaliknya kalangan Muslimin, mereka melihat kota Medinah
sudah banyak terasa aneh sekali, meskipun musuh tetap
mengejar-ngejar mereka. Selama tiga hari terus-menerus mereka
tetap tabah menghadapi musuh yang masih tidak mempunyai
keberanian menghadapi mereka itu. Padahal belum selang
duapuluh empat jam yang lalu musuh telah merasa sebagai pihak
yang menang.
Pihak Muslimin melihat keadaan Medinah itu sudah terasa banyak
sekali mengalami perubahan, meskipun kekuasaan Muhammad di
kota itu tetap di atas. Dalam pada itu Nabi as. merasa, bahwa
keadaan memang sudah sangat genting dan gawat sekali, bukan
hanya dalam kota Medinah saja, bahkan juga sudah melampaui
sampai kepada kabilah-kabilah Arab lainnya, yang memang sudah
merasa ketakutan. Peristiwa Uhud membawa perasaan lega kepada
mereka, sehingga terpikir oleh mereka itu hendak menentangnya
lagi dan mengadakan perlawanan. Oleh karena itu ia ingin
sekali mengikuti berita-berita sekitar penduduk Medinah dan
kalangan Arab umumnya, yang kiranya akan memberikan suatu
kemungkinan menempatkan kembali kedudukan, kekuatan dan
kewibawaan Muslimin kedalam hati mereka.
Berita pertama yang sampai kepadanya sesudah peristiwa Uhud,
ialah bahwa Tulaiha dan Salama bin Khuailid dua bersaudara -
dan keduanya waktu itu yang memimpin Banu Asad - sedang
mengerahkan masyarakatnya dan mereka yang mau mentaatinya,
untuk menyerang Medinah dan menyerbu Muhammad sampai ke dalam
rumahnya sendiri dengan maksud memperoleh keuntungan dan
merampas ternak Muslimin yang dipelihara di ladang-ladang
sekeliling kota itu. Yang menyebabkan mereka berani berbuat
begitu ialah karena anggapan bahwa Muhammad dan teman-temannya
masih menderita karena telah mengalami pukulan hebat selama di
Uhud.
Berita itu terbetik juga oleh Nabi. Ia segera memanggil Abu
Salama b. Abd'l-Asad yang lalu diserahi pimpinan pasukan yang
terdiri dari 150 orang, termasuk Abu 'Ubaida bin'l-Jarrah,
Sa'd b. Abi Waqqash dan Usaid b. Hudzair. Mereka diperintahkan
supaya berjalan pada malam hari dan siangnya bersembunyi
dengan menempuh jalan yang tidak biasa dilalui orang, supaya
jangan ada orang yang mengenal jejak mereka. Dengan demikian
mereka akan dapat menyergap musuh dengan cara yang tiba-tiba
sekali. Perintah ini oleh Abu Salama dilaksanakan. Ia berhasil
menyerbu musuh dalam keadaan tidak siap. Dalam pagi buta
mereka sudah terkepung. Dikalahkannya anak buahnya dalam
menghadapi perjuangan itu. Tetapi pihak musyrik sudah tak
dapat bertahan lagi. Dua pasukan segera dikirim mengejar
mereka dan merebut rampasan perang yang ada. Ia dan anak
buahnya menunggu di tempat itu sambil menantikan pasukan
pengejar itu kembali membawa rampasan perang.
Setelah seperlima rampasan itu dikeluarkan untuk Tuhan, untuk
Rasul, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan,
selebihnya mereka bagi sesama mereka, lalu mereka kembali ke
Medinah dengan sudah membawa kemenangan. Kewibawaan yang
karena peristiwa Uhud itu terasa sudah agak berkuramg, kini
mulai kembali lagi. Hanya saja Abu Salama sendiri hidup tidak
lama lagi sesudah ekspedisi itu. Ia menderita luka-luka akibat
perang Uhud dan luka-lukanya itu belum sembuh benar kecuali
yang tampak dari luar saja. Tetapi sesudah ia bekerja keras
lukanya itu terbuka dan kembali mengucurkan darah, yang
diderita terus sampai meninggalnya.
Sesudah itu kemudian sampai pula berita kepada Muhammad bahwa
Khalid b. Sufyan b. Nubaih al-Hudhali yang tinggal di Nakhla
atau di 'Urana telah mengumpulkan orang pula hendak
menyerangnya. Mendengar ini Muhammad segera mengutus Abdullah
b. Unais meneliti dan mencek kebenaran berita tersebut.
Abdullah berjalan menuju ke tempat Khalid, yang ketika itu
dijumpainya ia sedang berada di rumah bersama dengan
isteri-isterinya.
"Siapa kamu," tanya Khalid setelah Abdullah sampai.
"Saya dari golongan Arab juga," jawabnya. "Mendengar tuan
mengumpulkan orang hendak menyerang Muhammad maka saya datang
kemari."
Khalid berterus-terang, bahwa ia memang sedang mengumpulkan
orang hendak menyerang Medinah. Setelah Abdullah melihat
sekarang ia seorang diri jauh dari anak-buahnya - kecuali
isteri-isterinya - dicarinya jalan supaya ia mau berjalan
bersama-sama. Begitu ia mendapat kesempatan dihantamnya orang
itu dengan pedangnya dan dia pun menemui ajalnya. Dibiarkannya
dia di tangan isteri-isterinya yang berkerumun menangisinya.
Sekembalinya ke Medinah disampaikannya berita itu kepada
Rasul.
Setelah kematian pemimpinnya itu, Banu Lihyan sebagai cabang
Hudhail yang selama beberapa waktu tenang-tenang saja,
sekarang mulai terpikir akan mengadakan pembalasan dengan
suatu tipu-muslihat.
Pada waktu itulah kabilah yang berdekatan itu mengutus
rombongan kepada Muhammad dengan mengatakan: Di kalangan kami
ada beberapa orang Islam. Kirimkanlah beberapa orang sahabat
tuan bersama kami, yang akan dapat kelak mengajarkan hukum
agama dan Qur'an kepada kami.
Untuk menunaikan tugas agama yang mulia itu, setiap diperlukan
pada waktu itu Muhammad selalu siap mengutus
sahabat-sahabatnya untuk memberikan bimbingan kepada orang
dalam mengenal Tuhan dan agama yang benar, serta untuk menjadi
pengikut Muhammad dan sahabat-sahabatnya menghadapi lawan,
seperti yang sudah kita lihat, ketika mereka dulu diutus ke
Medinah sesudah Ikrar 'Aqaba kedua. Oleh karena itu enam orang
sahabat besar kemudian diutusnya berangkat bersama-sama dengan
rombongan utusan itu. Tetapi sesampainya di suatu pangkalan
air kepunyaan Hudhail di bilangan Hijaz, di suatu daerah yang
disebut ar-Raji', ternyata mereka telah dikhianati, dengan
tindakan rombongan itu yang sudah tentu dengan meminta bantuan
Hudhail. Tetapi ini tidak membuat keenam orang Muslimin itu
jadi gugup ketakutan, yang dalam perlengkapannya itu mereka
hanya membawa pedang. Kaum Muslimin itu segera mencabut pedang
hendak mempertahankan diri. Tetapi pihak Hudhail berkata
kepada mereka:
"Demi Allah, kami tidak ingin membunuh kamu. Tapi dengan kamu
ini kami ingin memperoleh keuntungan dari penduduk Mekah. Kami
berjanji atas nama Tuhan bahwa kami tidak bermaksud membunuh
kamu."
Keenam orang Muslim itu berpandang-pandangan. Mereka sadar
sudah bahwa dibawanya mereka satu-satu ke Mekah itu berarti
suatu penghinaan yang sebenarnya lebih jahat dari pembunuhan.
Mereka menolak janji Hudhail itu, dan mereka tetap akan
mengadakan perlawanan, meskipun mereka sudah menyadari, bahwa
dalam jumlah yang sekecil itu mereka tidak berdaya. Tiga orang
dari mereka ini dibunuh oleh Hudhail, sedang sisanya sudah
makin tak berdaya. Mereka semua ditangkap dan dibawa sebagai
tawanan, yang kemudian dibawa ke Mekah dan dijual. Abdullah b.
Tariq, salah seorang dari ketiga orang Islam itu di tengah
jalan berhasil melepaskan belenggu dari tangannya lalu ia
mencabut pedang. Oleh karena rombongan yang lain berada di
belakangnya, dihujaninya ia dengan batu dan ia puntewas
karenanya.
Kedua orang tawanan lainnya sempat dibawa oleh Hudhail ke
Mekah, lalu dijual. Zaid bin'd-Dathinna dijual kepada Shafwan
b. Umayya yang sengaja membelinya untuk dibunuh. Ia diserahkan
kepada Nastas, budaknya supaya membunuhnya sebagai balasan
atas kematian ayahnya Umayya b. Khalaf. Ketika dibawa, oleh
Abu Sufyan ia ditanya:
"Zaid, sangat kuharapkan sekali. Bersediakah engkau
memberikan tempatmu itu kepada Muhammad? Dialah yang harus
dipenggal lehernya, sedang engkau dapat kembali kepada
keluargamu."
"Tidak," jawab Zaid. "Sekiranya Muhammad ditempatnya sekarang
ini akan menderita karena tusukan duri sekalipun, sedang aku
di tempat keluarga, aku tidak sudi."
Abu Sufyan kagum sekali, seraya katanya:
"Belum pernah aku melihat seseorang mencintai kawannya
demikian rupa seperti sahabat-sahabat Muhammad mencintai
Muhammad."
Zaid lalu dibunuh oleh Nastas. Maka ia pun gugur sebagai
syahid yang memegang teguh agama dan amanat Nabi.
Adapun Khubaib waktu itu dalam penjara, yang kemudian dibawa
keluar untuk disalib. Tapi ia berkata kepada mereka:
"Dapatkah kamu membiarkan aku sekadar melakukan salat dua
raka'at?"
Permintaan demikian itu dikabulkan. Iapun sembahyang dua
raka'at dengan baik dan sempurna. Kemudian ia menghadap mereka
lagi:
"Kalau tidak karena kamu akan menyangka saya sengaja
memperlambat karena takut dibunuh, niscaya saya masih akan
sembahyang lebih banyak lagi."
Setelah ia dinaikkan dan diikat di atas tonggak kayu,
dipandangnya mereka itu dengan mata sayu seraya katanya:
"Ya Allah, hitungkan bilangan mereka itu, binasakan mereka
dalam keadaan cerai-berai dan jangan dibiarkan seorangpun dari
mereka itu."
Mendengar suara yang keras itu mereka gemetar, mereka
merebahkan diri takut terkena kutukannya. Sesudah itu ia pun
dibunuh. Seperti Zaid yang telah gugur sebagai syahid, Khubaib
juga kemudian gugur pula sebagai syahid untuk agama dan untuk
Nabi. Dua ruh yang suci itu pun kini melayang pula. Padahal,
sebenarnya mereka akan dapat menyelamatkan diri dari
pembunuhan itu kalau saja mereka mau jadi murtad meninggalkan
agamanya. Tetapi demi keyakinan mereka kepada Tuhan, kepada
keluhuran rohani dan hari kemudian - tatkala setiap jiwa hanya
akan mendapat balasan sesuai dengan perbuatannya dan tak ada
orang yang akan memikul beban orang lain - mereka melihat maut
itu - sebagai tujuan hidup - adalah tujuan yang paling baik
dalam hidupnya demi akidah, demi iman dan demi kebenaran.
Mereka pun yakin bahwa darah mereka, yang kini ditumpahkan di
atas bumi Mekah, akan memanggil saudara-saudaranya kaum
Muslimin supaya memasuki kota itu sebagai pihak yang menang,
yang akan menghancurkan berhala-berhala, akan membersihkan
segala noda paganisma dan kehidupan syirik. Dan kesucian
Ka'bah sebagai Baitullah akan dikembalikan juga sebagaimana
mestinya, bersih dari segala sebutan nama-nama selain asma
Allah.
Dalam menghadapi peristiwa ini pihak Orientalis tidak bicara
apa-apa seperti ketika menghadapi peristiwa tawanan Badr yang
dibunuh pihak Muslimin. Mereka tidak berusaha untuk memandang
jijik perbuatan khianat yang diiakukan Banu Hudhail terhadap
dua orang yang tidak berdosa itu, yang bukan ditawan dari
medan perang, tapi diambil dengan cara tipu-muslihat, yang
berangkat karena perintah Rasul dengan maksud supaya
mengajarkan agama kepada orang-orang yang mengkhianati mereka
itu, orang-orang yang menyerahkan mereka kepada Quraisy,
setelah kawan-kawannya yang lain pun dibunuh secara gelap dan
licik. Kaum Orientalis tidak menganggap jijik perbuatan
Quraisy terhadap dua orang yang tak bersenjata itu, padahal
apa yang mereka lakukan adalah suatu perbuatan pengecut dan
tindakan permusuhan yang rendah sekali. Pada dasarnya prinsip
kejujuran yang harus menjadi pegangan kaum Orientalis, yang
merasa tidak dapat menerima apa yang dilakukan kaum Muslimin
terhadap dua tawanan perang Badr itu, ialah akan merasa jijik
sekali terhadap pengkhianatan Quraisy yang menerima penyerahan
dua orang untuk dibunuh itu, sesudah empat orang lainnya yang
didatangkan atas permintaan mereka untuk mengajarkan agama,
telah lebih dulu pula mereka bunuh.
Semua Muslimin merasa sedih, Muhammad juga merasa sedih sekali
atas malapetaka yang telah menimpa keenam orang yang gugur
sebagai syahid di jalan Tuhan karena pengkhianatan Hudhail
itu. Ketika itulah Hassan b. Thabit mengirimkan sajak-sajaknya
sebagai elegi yang mendalam sekali buat Khubaib dan Zaid.
Dalam pada itu lebih banyak lagi Muhammad memikirkan keadaan
umat Muslimin. Kuatir sekali ia kalau hal semacam itu terulang
lagi. Masyarakat Arab akan sangat merendahkan mereka.
Sementara ia sedang berpikir-pikir demikian itu tiba-tiba
datang Abu Bara' 'Amir b. Malik. Muhammad menawarkan kepadanya
supaya ia sudi masuk Islam, tapi ia menolak. Sungguhpun begitu
juga ia tidak menunjukkan sikap permusuhannya terhadap Islam.
Bahkan katanya: "Muhammad, kalau ada sahabat-sahabatmu yang
dapat diutus ke Najd dan mengajak mereka itu menerima ajaranmu
saya harap mereka itu akan menerima."
Tetapi Muhammad masih kuatir akan melepaskan
sahabat-sahabatnya itu ke Najd dan takut ia penduduk daerah
itu nanti akan mengkhianati mereka seperti pernah dilakukan
Hudhail terhadap Khubaib dan kawan-kawan. Ia tidak yakin dan
tidak dapat mengabulkan permintaan Abu Bara'.
"Saya menjamin mereka," katanya lagi. "Kirimkanlah utusan
kesana untuk mengajak mereka menerima ajaranmu."
Abu Bara' adalah orang yang ditaati di kalangan masyarakatnya
dan didengar orang perkataannya. Barangsiapa yang sudah
diberinya perlindungan ia tidak kuatir akan mendapat serangan
pihak lain.
Dengan demikian Muhammad mengutus al-Mundhir b. 'Amr dari Banu
Sa'ida dengan memimpin 40 orang Muslimin pilihan. Mereka pun
berangkat. Sampai di Bi'ir Masuna - antara daerah Banu 'Amir
dan Banu Sulaim - mereka berhenti. Dari sana mereka mengutus
Haram b. Milhan membawa surat Muhammad kepada 'Amir
bin't-Tufail. Tetapi oleh 'Amir surat itu tidak dibacanya,
malah orang yang membawanya dibunuh, dan dia minta bantuan
Banu 'Amir supaya membunuhi kaum Muslimin. Tetapi setelah
mereka menolak untuk melakukan pelanggaran atas
pertanggung-jawaban dan perlindungan yang telah diberikan oleh
Abu Bara' 'Amir meminta bantuan kabilah-kabilah lain.
Permintaan ini oleh mereka dipenuhi dan kemudian bersama-sama
dia mereka berangkat dan mengepung rombongan Muslimin di
tempat itu. Melihat keadaan ini pihak Muslimin pun segera
mencabut pedang. Mereka mengadakan perlawanan mati-matian
sampai akhirnya mereka terbunuh semua.
Hanya Ka'b b. Zaid yang masih selamat, yang dibiarkan begitu
saja oleh Ibn't-Tufail. Ternyata ia belum mati. Kemudian ia
pun pergi pulang ke Madinah. Demikian juga 'Amr b. Umayya,
yang oleh 'Amir bin't-Tufail dimerdekakan karena dikiranya ia
masih terikat dengan suatu niat ibunya. Dalam perjalanan
pulang di tengah jalan 'Amr bertemu dengan dua orang yang
dikiranya turut menyerang kawan-kawannya. Dibiarkannya kedua
orang itu sampai tidur lebih dulu, kemudian diserangnya dan
dibunuhnya. Sesudah itu ia melanjutkan lagi perjalanannya.
Sesampainya di Medinah diberitahukannya perbuatannya itu
kepada Rasul a.s. Ternyata kedua orang itu dari Banu 'Amir,
dari golongan Abu Bara' dan yang juga terikat oleh suatu
perjanjian Jiwar (bertetangga baik) dengan Rasulullah, dan ini
berarti harus diselesaikan dengan diat.
Bukan main Muhammad menahan perasaan pilu karena pembunuhan di
Bi'ir Ma'una itu. Sungguh berat hatinya menahan dukacita atas
sahabat-sahabatnya itu. Ia berkata: "Ini adalah perbuatan Abu
Bara'. Sejak semula saya sudah berat hati dan kuatir sekali."
Abu Bara' juga merasa sangat terpukul karena pelanggaran 'Amir
bin't-Tufail atas dirinya itu. Karena itu, Rabi'a anaknya lalu
bertindak menghantam 'Amir dengan tombak sebagai balasan atas
perbuatannya terhadap ayahnya. Begitu dalamnya rasa dukacita
Muhammad sehingga sebulan penuh setiap selesai salat Subuh ia
berdoa semoga Tuhan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang
telah membunuh sahabat-sahabatnya itu. Demikian juga seluruh
umat Muslimin turut merasa pilu karena malapetaka yang telah
menimpa saudara-saudaranya seagama itu, meskipun sudah dengan
penuh iman bahwa mereka semua gugur sebagai syuhada, dan
mereka semua akan mendapat surga.
Malapetaka yang telah menimpa kaum Muslimin di Raji' dan di
Bi'ir Ma'una mengingatkan kaum munafik dan Yahudi Medinah akan
kemenangan Quraisy di Uhud, dan membuat mereka lupa akan
kemenangan Muslimin atas Banu Asad, juga mengurangi pandangan
mereka terhadap kewibawaan Muhammad dan sahabat-sahabatnya.
Dalam menghadapi hal ini sekarang Nabi a.s. berpikir dengan
suatu pemikiran politik yang cermat sekali serta pandangan
yang jauh. Ketika itu bahaya yang paling besar mengancam kaum
Muslimin ialah sikap penduduk Medinah yang kiranya akan
merendahkan kewibawaan mereka. Begitu juga yang sangat
diharapkan oleh kabilah-kabilah Arab, mereka akan dapat
menanamkan perpecahan didalam, yang berarti akan dapat
menimbulkan perang saudara jika nanti ada saja tetangga yang
menyerbu Medinah. Disamping itu pihak Yahudi dan orang-orang
munafik seolah-olah memang sedang menantikan bencana yang akan
menimpa itu. Karena itu dilihatnya tak ada jalan lain yang
lebih baik daripada membiarkan mereka, supaya nanti niat
mereka terbongkar.
Oleh karena Yahudi Banu Nadzir itu sekutu Banu 'Amir, maka
Nabi berangkat sendiri ke tempat mereka - yang tidak jauh
dari Quba'[ - dengan membawa sepuluh orang Muslimin
terkemuka, diantaranya Abu Bakr, Umar dan Ali. Ia minta
bantuan Banu Nadzir dalam membayar diat dua orang yang telah
dibunuh tidak sengaja oleh 'Amr b. Umayya itu dan tidak
diketahuinya pula bahwa Nabi telah memberikan perlindungan
kepada mereka.
---------------------------------------------
S E J A R A H H I D U P M U H A M M A D
oleh MUHAMMAD HUSAIN HAEKAL
diterjemahkan dari bahasa Arab oleh Ali Audah